Selasa, 27 November 2012

HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN (7P) DENGAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN TAHU YUN-YI BOGOR

Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya. Pemasaran merupakan salah satu strategi yang dijalankan perusahaan untuk memasarkan produknya pada konsumen. Konsumen yang puas karena kebutuhannya terpenuhi adalah pelanggan yang menguntungkan bagi perusahaan. Kepuasan pelanggan diharapkan menghasilkan company loyality dan pembelian berulang. Bauran pemasaran produk barang mencakup 4P: Product(The Services) Produk apa yang dijual oleh perusahaan, sehingga dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Price Bagaimana penetapan harga di suatu perusahaan. Perusahaan tentu akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan, karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya Place Tempat atau lokasi dimana perusahaan tersebut berdiri juga akan sangat mempengaruhi keuntungan bagi perusahaan. Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen. Promotion Bagaimana perusahaan memasarkan produk apa saja yang dijualnya kepada konsumen. Tujuan kegiatan promosi antara lain : • Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru • Mengkomunikasikan produk baru • Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas • Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk • Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk • Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk. Namun, untuk pemasaran jasa para pakar pemasaran menambahkan tiga unsur lagi, yaitu: People People disini mengarah kepada bagaimana kinerja karyawan di dalam suatu perusahaan. Apakah karyawan tersebut memiliki performance tinggi atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut loyal atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut mampu melayani konsumen dengan baik atau sebaliknya. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Perusahaan juga bisa memberikan semacam reward bagi karyawan dengan prestasi tertentu. Process Process disini adalah mencakup bagaimana cara perusahaan melayani permintaan tiap konsumennya. Mulai dari konsumen tersebut memesan (order) hingga akhirnya mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Beberapa perusahaan tertentu biasanya memiliki cara yang unik atau khusus dalam melayani konsumennya. Seperti halnya di suatu restoran, ada beberapa restoran yang memberikan fasilitas “open kitchen”, dimana konsumen bisa melihat tiap proses pembuatan makanan yang mereka pesan. Physical Evidence Physical Evidence akan menjelaskan bagaimana penataan building dari suatu perusahaan. Apakah perusahaan menggunakan interior yang unik, lightning system yang menarik, desain ruangan yang menarik perhatian konsumen, dan lain sebagainya. Perusahaan tentu akan menyadari bahwa penataan building di suatu perusahaan tentu akan mempengaruhi mood pengunjung. Desain interior yang terkesan berantakan juga tentu akan membuat konsumen merasa agak sedikit tidak nyaman dengan keadaan di perusahaan tersebut. Bangunan harus dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung. Seluruh unsur ini saling berdampak satu sama lain dan bauran pemasaran perlu dipersatukan sehingga masing-masing unsur menguatkan dan mendukung bagian-bagian lain dalam bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan volume penjualan perusahaan secara parsial, dan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan volume penjualan perusahaan secara bersama-sama. Yang menjadi obyek penelitian ini adalah perusahaan Tahu Yun- Yi Bogor. Untuk mendapatkan dan mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, penulis menggunakan data primer yang didapat dari konsumen langsung dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 orang responden. Dalam penelitian ini, metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman, dengan alat uji SPSS versi 17.0. Dari perhitungan korelasi, didapat hasil bahwa ,product, price dan people mempunyai hubungan dengan sales. Sedangkan place, promotion, prKeberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya. Pemasaran merupakan salah satu strategi yang dijalankan perusahaan untuk memasarkan produknya pada konsumen. Konsumen yang puas karena kebutuhannya terpenuhi adalah pelanggan yang menguntungkan bagi perusahaan. Kepuasan pelanggan diharapkan menghasilkan company loyality dan pembelian berulang. Bauran pemasaran produk barang mencakup 4P: product, price, place dan promotion. Namun, untuk pemasaran jasa para pakar pemasaran menambahkan tiga unsur lagi, yaitu: people, process dan physical evidence. Seluruh unsur ini saling berdampak satu sama lain dan bauran pemasaran perlu dipersatukan sehingga masing-masing unsur menguatkan dan mendukung bagian-bagian lain dalam bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan volume penjualan perusahaan secara parsial, dan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan volume penjualan perusahaan secara bersama-sama. Yang menjadi obyek penelitian ini adalah perusahaan Tahu Yun- Yi Bogor. Untuk mendapatkan dan mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, penulis menggunakan data primer yang didapat dari konsumen langsung dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 orang responden. Dalam penelitian ini, metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman, dengan alat uji SPSS versi 17.0. Dari perhitungan korelasi, didapat hasil bahwa ,product, price dan people mempunyai hubungan dengan sales. Sedangkan place, promotion, process, dan physical evidence mempunyai hubungan yang lemah. Namun ketujuh variabel independen tersebut mempunyai hubungan yang kuat dengan variabel dependen secara bersama-sama.ocess, dan physical evidence mempunyai hubungan yang lemah. Namun ketujuh variabel independen tersebut mempunyai hubungan yang kuat dengan variabel dependen secara bersama-sama.

1 komentar:

  1. As claimed by Stanford Medical, It is indeed the SINGLE reason this country's women get to live 10 years longer and weigh on average 19 kilos lighter than we do.

    (Just so you know, it has NOTHING to do with genetics or some hard exercise and absolutely EVERYTHING related to "how" they are eating.)

    BTW, What I said is "HOW", not "what"...

    Click this link to discover if this easy quiz can help you unlock your real weight loss possibility

    BalasHapus