Selasa, 23 November 2010

27/11/2010

Didalam suatu perusahaan tentunya ada peraturan-peraturan yang berlaku, sepatutnya di patuhi oleh semua karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Peraturan tersebut salah satunya adalah etika. Dimana etika adalah Seperangkat aturan atau norma atau pedoman yang mengatur perilaku manusia, baik yang harus dilakukan maupun yang harus ditinggalkan yang di anut oleh sekelompok atau segolongan masyarakat atau profesi.

Dimana etika yang telah berlaku di setiap perusahaan sebaiknya dipatuhi seiap karyawan, namun banyak karyawan yang melanggarnya, pelanggaran tersebut dilakukan berfariasi oleh karyawan yang mempunyai tingkatan tertinggi sampai yang bawah sekalipun.

Peraturan yang dibuat memang sering sekali disepelekan oleh setiap karyawan sehingga terjadi pelanggaran didalam peraturan tersebut. contoh kecil peraturan yang dilanggar oleh karyawan didalam perusahaan adalah salah satunya adalah pelangaran etika, dimana peraturan etika tersebut diberlakukan di sebuah perusahaan seperti contoh larangan merokok didalam kantor karna seperti diketahui didalm ruangan kantor adalah ber-ac, tetapi banyak karyawan yang melanggar peraraturan tersebut dengan merokok didalam ruangan kantor yang ber-ac dimana menganggu kenyamanan karyawan yang lain didalam melakukan aktifitas berkantor didalam menjalankan tugasnya. Peraturan yang dilanggar tersebut dikarenakan tidak adanya kesadaran diri yang mendasar pada setiap karyawan yang melanggar peraturan resebut, dan tidak adanya pengawasan yang tidak ketat didalam peraturan yang diberlakukan sehingga masih banyak pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan. Serta tidak diberlakukannya sanksi yang nyata terhadap karyawan yang melakukan pelanggaran.

Selain pelanggaran yang tidak dipatuhi diatas, ada lagi pelanggaran yang dilakukan oleh banyak karyawan. Salah satunya adalah, ketepatan waktu atau etika kedisplinan didalam jam masuk kerja, dimana jam masuk kantor yang diberlakukan di perusahaan tersebut yang seharusnya pukul 07.30 WIB tetapi sebagian dari karyawan yang melanggar jam masuk kerja tersebut, mereka mengunakan berbagai alasan dalam keterlambatannya tiba dikantor. Perilaku keterlambatan tersebut mengakibatkan pekerjaanya sedikit terhambat.

Peraturan atau etika yang berlaku di perusahaan seharusnya dipatuhi oleh semua karyawan, karena peraturan yang dibuat dengan sengaja seharusnya dipatuhi bukan untuk dilanggar oleh karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar